Kamis, 21 Agustus 2014

Tips dan Trik Pelatihan PATI

       Setiap Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang  Mengikuti pelatihan aplikasi teknologi informasi atau yang biasanya disebut dengan PATI. PATI diadakan dengan tujuan supaya mahasiswa UMM dapat mengetahui dan mengenal teknologi informasi dengan baik dan benar, dan supaya dapat menggunakan teknologi informasi dengan baik dan benar. Namun sebelum mengikuti pelatihan ini, semua peserta sudah diberi kartu pendaftaran yang wajib harus dibawa saat akan mengikuti pelatihan, modul yang berisi materi pelatihan, Evaluasi yang diadakan secara online dan juga dikerjakan sehabis mengikuti pelatihan dan evaluasinya dilakukan sampai 3 kali. Selain Evalusasi, di pelatihan ini juga ada tugas-tugas yang diberikan para instruktur PATI. Berikut Tips dan Trik Mengikuti Pelatihan PATI :
  1.  Baca buku APLIKOM atau buku petunjuk yang diberikan setelah melakukan registrasi
Buku ini sangat penting karena di dalamnya memuat seluruh materi yang diujikan pada PATI. Sehingga pada pertemuan dan ada tugas,kita tidak kaget karena telah menguasai materi. Selain itu,status kita sudah mahasiswa,jadi untuk segala informasi mengenai materi harus berusaha mencari sendiri tanpa harus diarahkan.
2. Datanglah maksimal setengah jam sebelum jam PATI dimulai
Hal tersebut berguna mempersiapkan mental kita agar tetap percaya diri sebelum mengikuti PATI. Ketika kita datang sebelum acara dimulai,perasaan tenang akan tetap terjaga dibandingkan yang datang terlambat.
3. Fokus terhadap arahan dan petunjuk para instruktur
Kata kata yang dikeluarkan oleh para instruktur pasti ada maksud tersendiri ketika kita mengerjakan tugas yang diberikan. Arahan yang diberikan kurang lebih satu jam,setelah itu tugas langsung dikerjakan tanpa pandang bulu dan kemampuan. Ketika kita mendengarkan arahan instruktur,InsyaAllah akan sukses mengerjakan.
4. Kerjakan tugas sesuai arahan dan tepat waktu
Ketika instruktur puas dengan apa yang kita kerjakan,tentunya kita diberikan apresisasi yang memuaskan juga. Disini adalah dituntut waktu dan kreativitas. Tentu saja yang hasilnya maksimal dan tepat waktu akan mendapat hasil memuaskan.
5. Tanya kepada instruktur
Hal ini penting karena jika kita menghadapi suatu masalah ketika mengerjakan tugas,kita bisa tanya langsung ke pemberi tugas. Simpan dan catat nomor instruktur guna bertanya jika tugasnya error.
6. Manfaatkan ilmu yang didapat
Tugas PATI sangatlah berat. Dimana para peserta diberikan tugas yang lumayan rumit,dengan waktu singkat. Tentu saja jika sepulang dari PATI akan rugi jika dilupakan begitu saja ilmunya. Setelah saya lebih tau mengenai jaringan dan internet,saya bisa memanfaatkan pada proses kuliah mendatang.
7. Jangan lupa Membawa alat tulis menulis.

      Sekian Tips dan Trik mengikuti Pelatihan PATI semoga Tips dan Trik ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar